Mission Trip 28 Juni – 7 Juli 2011 – Day Six

BALE ENDAH, Minggu 3 Juli 2011

Tiba di hari ke-6. Kali ini tim dibagi menjadi dua untuk melayani di ibadah Minggu, yaitu di Bale Endah dan Majalaya. Tim yang berangkat ke Majalaya berjumlah 6 orang. Disini, tim melayani 2 kali jam ibadah. Pada jam 9 kami berenam sama-sama melayani di ibadah remaja sebagai worship leader, gitaris, pemberita firman Tuhan, operator OHP, dan usher. Yang dikategorikan remajaa dalah anak kelas 4 SD sampai dengan SMA. Walaupun ini adalah ibadah remaja, namun ada juga anak sekolah minggu yang sudah tiba karena dibawa dengan kendaraan keluarga Gembala di Majalaya ini, Pak Daniel danisterinya.Oleh karenaitu, kondisi kurang kondusif. Ini merupakan pengalaman pertama bagi tim untuk melayani di tengah-tengah kehadiran anak sekolah Minggu.

Pada jam 10 dilanjutkan dengan ibadah umum. Pada ibadah ini, lebih banyak orang tua yang usianya sudah tidak muda lagi. Tidak terlihat anak muda atau mahasiswa. Di saat yang sama, berjalan dua aktivitas lain secara paralel. Pertama adalah sekolah minggu bagi anak-anak dengan rentang usia 2 tahun hingga SD kelas 3. Yang kedua adalah komsel bagi para remaja.Tim dibagi untuk melayani di tiga ibadah ini. Ada yang menjadi worship leader sekaligus kesaksian dan gitaris di ibadah umum, ada yang menjadi guru sekolah minggu, dan ada yang memimpin komsel remaja. Namun, akhirnya komsel remaja digantikan dengan turorial singkat Matematika dan Bahasa Inggris selama 2 jam. Begitu pula di sekolah Minggu, anak-anak tersebut tidak hanya diajak menyanyi, mewarnai, diajar nilai-nilai, diajar Doa Bapa Kami, tetapi juga diajari sesuai kebutuhan seperti mengenal huruf dan membaca. Jemaat orang tua, remaja, dan anak-anak yang dilayani menurut kami cukup antusias.

Sementara di Bale Endah tim berjumlah 7 orang. Kami melayanis atu kali ibadah umum pada jam 8-10. Tim melayani sebagai worship leader, gitaris, usher, kolektan, dan guru sekolah Minggu. Pada ibadah minggu yang hadir rata-rata berjumlah 40 orang, terdiri dari anak sekolah Minggu dan umum. Anak sekolah minggu berusia sekitar 8-15 tahun. Anak muda dan orang tua yang hadir terlihat antusias dan sangat terasa kekeluargaan di antara jemaat yang datang. Saat diberi kesempatan membagi berkat, mereka dengan segera maju dan menceritakan kebaikan Tuhan, walaupun hanya sekedar mengucap syukur karena baru berulang tahun atau mendapat kesempatan untuk mengenal Tuhan lebih dalam lewat kejadian tertentu. Ada kekakraban yang terasa kental di jemaat Bale Endah. Setelah ibadah, dilanjutkan dengan makan bersama dengan jemaat untuk membangun hubungan dengan orang tua dari anak sekolah minggu dalam rangka penjangkauan pelajar lewat kegiatan puncak tim misi yang akan diadakan tanggal 5 Juli mendatang.

Setelah ibadah, seluruh tim dibagi-bagi lagi dalam kelompok kecil untuk kunjungan ke beberapa anak pelajar (sekolah minggu) yang sudah lama tidak datang ke ibadah gereja. Lewat kunjungan, tim menjangkau mereka kembali dan mengajak datang ke acara seminar motivasi yang akan kami adakan tanggal 5 Juli 2011 di Bale Endah. Seminar ini bertujuan untuk memberikan motivasi belajar bagi anak-anak pelajar agar tetap bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya, lewat pemberian informasi penting seperti adanya beasiswa, tips belajar, dan nonton bareng. Umumnya banyak pelajar yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena keterbatasan ekonomi. Seminar ini tidak hanya ditujukan bagi pelajar Kristen tetapi juga pelajar non Kristen, bentuknya tidak formal, namun dirancang lebih santai dan mudah diserap anak-anak usia sekolah.

Advertisements
%d bloggers like this: