Pra-KORPS 2011 (Sabtu, 21 Mei 2011)

Pra Kemah Orientasi Pekerja Sion (Pra-KORPS) 2011 diadakan di Villa Adulam, Lembang, pada tanggal 21 Mei 2011 pukul 09.00-19.00. Tujuan diadakannya Pra-KORPS ini adalah untuk mempersiapkan para calon pekerja baru untuk memasuki masa-masa KORPS kedepannya.

Berbeda dari KORPS di tahun-tahun sebelumnya, KOPRS tahun ini hanya diadakan untuk mereka yang belum pernah mengikuti KORPS, sehingga lulusan KORPS 2010 tidak perlu mengikuti KORPS untuk yang kedua kalinya. Pra-KORPS 2011 diikuti oleh 49 orang calon pekerja baru dari kampus ITB, Unpad dan ATPK.

Sesi 1 – Baptisan Roh Kudus

Dibuka dengan praise and worship, sesi pertama dibawakan oleh Parlin Sianipar dengan kotbah mengenai Baptisan Roh Kudus (BRK). Dalam kotbah, dijelaskan bahwa pelayanan Sion diinisiasi oleh Roh Kudus sendiri dan bahwa pelayanan Sion merupakan pelayanan yang menghargai dan percaya dengan Baptisan Roh Kudus. Pekerja yang diperlengkapi dengan Roh Kudus adalah pekerja yang berotoritas dan kuat dalam menjangkau jiwa-jiwa. Setelah sesi, diadakan tantangan bagi peserta Pra-KORPS yang belum mendapatkan Baptisan Roh Kudus. Di Pra-KORPS inilah beberapa peserta yang sebelumnya belum mendapat Baptisan Roh Kudus akhirnya, dengan kemurahan Tuhan, dibaptis oleh Roh Kudus. Berikut testimoni dari mereka yang menerima BRK:

“Aku udah nunggu kira-kira 6 bulan untuk bisa dapat BRK. Trus hari ini dapat, rasanya seneng bangeeeet.” – Happy Christin (Geologi ITB 2010)

“Awalnya aku ga percaya sama BRK, tapi yaudahlah kalo memang dari Tuhan, aku mau buka hati. Puji Tuhan, tadi pagi aku dapat. Rasanya gimana ya, ada sukacita besar, Tuhan itu benar-benar dekat.” – Frans (Farmasi ITB 2010)

Manifestasi kuasa Roh Kudus sangat menggairahkan para pekerja dan juga para peserta. Ruangan dipenuhi dengan sukacita dan air mata. Kami bersyukur bahwa Tuhan baik terhadap kami yang ada di Sion.

Sesi 2 – ‘Pengenalan Divisi Sion’, ‘Jaringan Kerjasama Alumni’ dan ‘Tabur Tuai’

Setelah makan siang, sesi dilanjutkan dengan pengenalan divisi yang ada di Sion oleh kadiv profesi, Peter Benson (TM’07). Diperkenalkan bahwa ada beberapa divisi, yaitu: Pastoral (Penggembalaan), Doa, Praise and Worship, Creative Ministry, Multimedia, HELPS, dan yang baru dibentuk yaitu Profesi. Kemudian, lebih lanjut, diperkenalkan mengenai divisi profesi sendiri. Pelayanan Sion memiliki visi yang besar dan untuk mencapainya, dukungan finansial yang matang perlu dimulai. Divisi ini bertujuan mengembangkan kemampuan dan sumber daya Sion dan mengadakan beberapa usaha untuk ketersediaan dana mandiri bagi peayanan.

Presentasi selanjutnya adalah kerjasama alumni sion dibawakan oleh Sheila Puspasari (FA’07). Sion kampus dan sion alumni perlu bersinergi untuk mencapai suku-suku bangsa sesuai dengan visi sion.

Selanjutnya, Arnold Nugroho (IF’07) membawakan presentasi mengenai tabur tuai. Tabur tuai merupakan strategi Ilahi untuk mendapatkan kelimpahan dan sarana penyembahan kita kepada Tuhan.

Sesi 3 – Pastoralship

Pemberlengkapan oleh divisi penggembalaan kepada calon pekerja 2011 dibawakan oleh Royanto Napitupulu (Pastoral Pria, EL’05), Christine Oktaviani (Pastoral Wanita, DKV’06), Juliana Amitianty (Pastoral Wanita 2010, IF’07) dan Humisar Sinaga (Pastoral Pria 2009, EL’07).

Materi:

  1. Discipleship calling. Amanat agung yang bertujuan melahirkan pemurid-pemurid dengan kapasitas, kualitas dan kedisiplinan yang berbeda dibandingkan dengan sekedar pengikut Kristus. Untuk itu, ada harga yang perlu dibayar dan banyak hal yang dikorbankan.
  2. Hubungan murid dan pemurid. Banyak proses yang dilewati oleh murid dan pemurid untuk melahirkan murid yang berkualitas. Untuk itu, ada hal-hal yang harus dikerjakan dan peran yang harus dimainkan dalam pemuridan.
  3. Kampus dalam kegerakan anak muda.  Anak muda sangat potensial untuk dijangkau karena keberadaannya yang banyak dan keberterimaan mereka terhadap firman. Penjangkauan anak muda di kampus merupakan poin utama pelayanan Sion.
  4. Visi Sion. Tuhan menciptakan sion dengan visi Ilahi dan satu-satunya cara untuk menjangkau sampai ke suku-suku bangsa adalah dengan melakukan pemuridan, dimulai dari kampus ITB.

Sesi 4 – Briefing Kelompok KORPS 2011

Pra-KORPS ditutup dengan pembuatan panji-panji kelompok, penjelasan rangkaian KORPS serta tugas yang harus dikerjakan oleh para peserta, dan pembagian kit KORPS yang terdiri dari map, buku peserta, name tag, DVD KORPS, dan hardcopy materi pengajaran Pra-KORPS.

***

Pra-KORPS susulan diadakan Sabtu, 28 Mei 2011 di ITHB dan dihadiri oleh 7 peserta KORPS yang berhalangan menghadiri Pra-KORPS sebelumnya. Ada 2 sesi yang dibawakan yaitu : ‘Doa dan Firman Tuhan’ dan ‘Discipleship’.

Advertisements
%d bloggers like this: