Grace to Win the Outsiders and Faith to Finish Strong

Tesa Kaban
Tesa Fiona

Selamat datang di 2012!

Selamat tahun baru dan selamat menempuh perjalanan iman yang baru bagi seluruh Sioners yang berbahagia!

Saya merasakan gairah yang besar bagi kita memasuki tahun yang baru ini, karena iman saya berkata bahwa kita sedang berada di tahun kegenapan. Tahun sukacita dimana karunia Tuhan dicurahkan secara berlimpah. Tahun dimana Tuhan membawa kita tercengang-cengang akan kehebatan Tuhan. Inilah tahun dimana kita akan menyelesaikan hal-hal baru secara kuat!

Grace to Win the Outsiders

Sioners, kita tahu bahwa semakin lama kita semakin dekat dengan zaman yang baru (Mat 4:28). Di penghujung zaman yang lama ini, tanda-tanda semakin dahsyat, apa yang akan terjadi di dunia tidaklah bertambah baik. Kejahatan akan mencapai kesempurnaan. Gempa bumi dan bencana alam tidak bisa dihindarkan. Kasih akan menjadi dingin. Cinta diri sendiri, menghambur-hamburkan uang, melawan orang tua (2 Tim 3:1-5) sudah menjadi hal yang biasa. Bukankah sudah tidak aneh lagi untuk memuji/a diri (secara berlebihan)? Tidak jarang kita menghilangkan penat dengan mengajak temen, ‘hedon yuk!’ Dan sudah berapa banyak lagu pemberontakan yang dilahirkan anak muda di tengah-tengah generasi ini?

Inilah zaman yang absurd, jaman dimana kejahatan Sodom dan Gomora kembali terulang.

Tetapi Yesus juga datang untuk membawa kabar baik, amin? Dan apa kabar baiknya?

Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah, supaya, sama seperti dosa berkuasa dalam alam maut, demikian kasih karunia akan berkuasa oleh kebenaran untuk hidup yang kekal, oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

Roma 5:20-21

Haleluya! Ketika pelanggaran semakin banyak, kabar baiknya: kasih karunia akan menjadi berlimpah-limpah! Di bahasa aslinya dikatakan: melampaui batas. Kejahatan akan semakin bertambah, tapi kita perlu bersuka karena kita dapat menyaksikan dengan mata kepala kita sendiri bagaimana kasih karunia akan melampaui semua batas-batas kejahatan dan dosa di generasi ini. Mereka yang sepertinya terlalu jahat, terlalu sia-sia, terlalu pemberontak, terlalu terluka; sekali lagi, dengan kasih karunia Tuhan, akan dipulihkan. Inilah zaman dimana kasih karunia akan melimpah melampaui segala batasan.

Tuhan akan membawa tangan kita untuk memanfaatkan zaman yang absurd ini. Ke dunia yang kasihnya dingin, kasih karunia Tuhan akan mengalir, mengalir dan mengalir menjamah hati yang dingin.

Dengar baik, inilah waktunya dimana akan semakin jelas perbedaan antara anak-anaknya Tuhan dan anak-anak dunia. Saya mengajak setiap Sioners menyatakan gaya hidup kerajaan Allah bahwa anak muda seperti kita hidup di kerajaan yang tidak tergoncangkan (bahkan oleh gempa bumi sekalipun).

Faith to Finish Strong

Janji kemenangan Tuhan juga berlaku bagi kita masing-masing secara pribadi.

Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

Galatia 6:9

Firman Tuhan menjanjikan kita untuk menuai (tuaian akan semua janji Tuhan, bukan hanya mengenai tuaian jiwa). Dengan syarat, jika kita tidak menjadi lemah.

Terlepas dari semua tuaian jiwa yang Tuhan janjikan, Tuhan ingin kita tahu, bahwa Tuhan merawat kita pribadi lepas pribadi. Visi Tuhan atas kita tidak hanya menyangkut tuaian jiwa. Tuhan rindu memulihkan kita hari demi hari, Dia rindu membentuk karakter kita. Tuhan rindu kita juga menuai janjinya yang pernah diucapkannya secara personal bagi kita. Tuhan memperhatikan kita, sampai memutih rambut kita, sampai hari kita menutup mata. Amazing.

Dan karena Tuhan memperhatikan kita, Dia menyediakan kekuatan bagi kita untuk tahun yang baru ini. Setiap dari kita akan menghadapi masalah baru di tahun ini, menemukan kemustahilan jenis berbeda dan tantangan iman model terbaru.

Sioners, apa pun yang kita hadapi di tahun ini, remember to finish strong. Tahun ini tahun kegenapan janji-janji Tuhan, jika kita tidak menyerah (Gal 6:9). Tapi untuk mengalami janjinya, kita perlu untuk memiliki iman. Siapa bilang dalam Tuhan semua gratis? Harus bayar pake iman! Keselamatan aja ‘gak gratis’ karena kita harus bayar pake iman (Efesus 2:8), kan? Iman itu ‘koin’ untuk akses kasih karunia Tuhan. So, janji Tuhan ga ujug-ujug terjadi dalam hidupmu, kamu harus akses pake iman lewat pergumulan mungkin.

Saya bergairah dengan semua janji Tuhan untuk saya di tahun 2012 ini. Saya sangat menginginkan setiap janji tersebut digenapi. Karena itu saya tahu, saya perlu mengekspansi kapasitas iman saya. Saya juga percaya, janji Tuhan buatmu sama dahsyatnya dan saya ingin kita semua berhasil mengaksesnya dengan iman kita! Mari bersama-sama mengukir iman yang bertahan, yang tidak menyerah, tetap bergerak walaupun harus ngesot, tangguh, tak tertaklukkan, gagal dan tetap mencoba, sampai kita melihat bahwa benarlah bahwa 2012 adalah tahun kegenapan!

Mari berlaku setia untuk menggenapi hal-hal yang baru yang Tuhan rancangkan untuk kita kerjakan secara korporat maupun pribadi. Apakah kita akan menyelesaikan tahun ini dengan gilang-gemilang atau malah babak belur? Apakah kita menggenapi destiny kita di tahun 2012 atau kita malah terlena dalam kesia-siaan? Perjalanan masih panjang, jika belum kita lakukan, marilah segera bersujud, merendahkan diri di hadapan Tuhan dan memberi telinga bagi tuntunan Tuhan yang spesifik akan tahun 2012 bagi kita secara pribadi. Karena suara Tuhan adalah bekal kita melalui tahun kegenapan ini. Amin.

 

Advertisements

One Comment

Add yours →

  1. Reblogged this on …doe set free… and commented:
    January 2012

Comments are closed.

%d bloggers like this: