Kristus, sebagai contoh para Pelayan

servant-leader-pic1

Joh 13:15  sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.

Joh 13:16  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya.

  • Ada banyak teladan simbolis yang Yesus berikan sebelum dia ditangkap untuk kemudian disalibkan. Kristus menjadi teladan kita. Kita meneladani apa yang Dia kerjakan dan ajarkan.
  • Pembasuhan kaki yang Yesus lakukan, menjadi simbol dimana Dia merendahkan dirinya sebagai seorang hamba yang melayani. Dia merendahkan diriNya menjadi hamba dan bahkan terus dalam ketaatan sampai ke kayu salib.
  • Pembasuhan kaki dan Karya Penyaliban adalah bukti bahwa Kristus begitu merendahkan diriNya.

Tit 2:14  yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

Eph 5:25  Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

Eph 5:26  untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,

  • Kristus tidak hanya menjadi pelayan Tuhan, tapi juga menjadi pelayan bagi murid-muridnya. Dia telah lebih dahulu melayani kita dan memberikan semua yang Dia miliki untuk kita agar kita memiliki hidup.

Luk 22:27  Sebab siapakah yang lebih besar: yang duduk makan, atau yang melayani? Bukankah dia yang duduk makan? Tetapi Aku ada di tengah-tengah kamu sebagai pelayan.

  • Setelah Yesus selesai membasuh kaki muridNya, Dia memerintahkan kita untuk ikut mengerjakan apa yang Dia kerjakan, yaitu menjadi seorang pelayan/hamba yang melayani/mentaati  Tuhan dan melayani orang lain (yang dalam konteks ini saya ingin tekankan adalah murid kita)

Joh 13:14  Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu;

  • Kristus memberikan kita contoh untuk diikuti yaitu merendahkan diri, taat, untuk melayani orang-orang dan membawa keselamatan yang datangnya dari Tuhan.

1Jn 3:16  Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita.

Joh 15:12  Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.

  • Kualifikasi seorang pemurid/sahabat yang ditunjukkan oleh Yesus yang perlu kita teladani adalah kasih yang memberikan hidup dan rela merendahkan diri untuk melayani (Pelayanan disini ditekankan pada pelayanan pemuridan).

Roberta Animalesto

Advertisements
%d bloggers like this: