Iman Dalam Studi

Khotbah SION RAYA (Sabtu, 16 Maret 2013): Iman Dalam Studi

Image

Firman kali ini disampaikan Tuhan dengan luar biasanya melalui pembicara Sion Raya Yosua & Kaleb (Nugraha-IF’09 & Agnes C.G-AR’11)

Masa-masa perkuliahan adalah masa-masa dimana studi kita menjadi tontonan bagi banyak orang. Melalui studi,kita dapat mengerjakan visi yaitu memberkati mahasiswa. Kita bisa menjadi terang dan juga perpanjangan tangan Tuhan untuk membantu orang-orang dalam studi. Tapi terkadang justru studi ini menjadi batu sandungan untuk kita menjadi terang di jurusan kita dan di manapun. Tuhan mau mengajarkan kita lebih dalam tentang bagaiman beriman dalam studi,yuk disimak! Minta tuntunan RK ya agar Firman yang dibaca tidak lewat begitu saja.

Pertama : Studi juga adalah pelayanan untuk Tuhan.

Seperti yang tertera dalam Kolose 3:23 “Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.”

Kita harus menyeimbangkan studi dan pelayanan kita. Jangan pisah-pisahkan keduanya,karena semua ini adalah pelayanan,dan Tuhan mengharapkan persembahan yang harum dari semua aspek kehidupan kita,termasuk studi.

Tuhan telah berkata di Yesaya 43:7 “Semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!”

So,buang jauh-jauh pikiranmu bahwa Tuhan mau kamu ber-IP jelek/biasa-biasa saja. No! Dia berkata Dia menciptakan kita untuk kemuliaan-Nya,Dia pun mau kita berkemenangan dalam studi.

Nah buat kamu yang IPnya sudah bagus (Puji Tuhan) jangan lupakan yang Tuhan katakan di Mazmur 90:5-6

“Engkau menghanyutkan manusia; mereka seperti mimpi, seperti rumput yang bertumbuh, di waktu pagi berkembang dan bertumbuh, di waktu petang lisut dan layu.”

Segala kesuksesan kita,kalau tidak diserahkan pada Tuhan,hanya seperti mimpi. Lewat begitu saja. Kesuksesan dengan kekuatan kita sendiri itu semu,berbeda dengan kesuksesan jika kita menyerahkannya pada Tuhan.

Tuhan mau kita punya iman untuk segala aspek. Iman adalah dasar dari segala pengharapan kita,termasuk di studi J Mau tahu kunci-kunci agar beriman dan berkemenangan dalam studi?

1. Manajemen waktu

(1 Petrus 4:2) “Supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah.”

Adakah di antara kita yang kadang masih menyia-nyiakan waktu yang Tuhan berikan? Mungkin dengan bermalas-malasan atau mengerjakan yang tidak perlu?

Iman itu adalah saat kita tahu apa yang harus kita pilih. Ayo atur waktu sebaik-baiknya,jangan lupa selalu minta tuntunan dan bertanya pada Roh Kudus,apa yang sebaiknya kita pilih untuk dikerjakan.

2. Menjadwalkan/Merencanakan Kegiatan

Di Firman Tuhan di Lukas 14:28-31,diceritakan tentang orang yang akan membangun rumah dan membuat dulu anggaran biayanya,dan raja yang mempertimbangkan semuanya dahulu sebelum berperang.

Begitupun seharusnya kita. Janganlah kita menjadi seseorang yang tanpa perencanaan,karena waktu kita bisa terbuang jika kita tidak pintar-pintar merencanakan kemana kita akan memberikan waktu kita setiap harinya. Dan yang paling penting,jangan sampai kesibukan menyebabkan kita tidak ada waktu untuk bersekutu dengan Tuhan.

3.Berseru pada Tuhan

(Yeremia 33:3) “Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.”

Yang terakhir dan terpenting,carilah wajah Tuhan dan berserulah pada-Nya! Minta Tuhan membantu kita mengubah cara-cara dan kebiasaan lama kita yang membuat kita tidak berkemenangan dalam studi. Karena iman tanpa perbuatanadalah mati.

Jadi,jika kita sudah beriman studi kita dimenangkan,tidak mungkin kita hanya berdiam-diam saja dan masih melakukan cara-cara lama. Tuhan mau lihat iman dan perbuatan kita yang juga menunjukkan iman itu.

Pesan terakhir : Jika kita melakukan semuanya ini dengan tuntunan Tuhan,kita bisa lihat bahwa Tuhan setia membuat kita berkemenangan dalam studi. Amin! Gbu 😀

Advertisements
%d bloggers like this: